Pengunjung

Cari

Rabu, 17 April 2013

cara memberi pakan alami yang sehat untuk ikan cupang

CARA MEMBERI PAKAN HIDUP PADA IKAN CUPANG

  • Kutu air, jentik nyamuk hingga cacing darah, menjadi kebutuhan pakan utama bagi kelangsungan hidup ikan cupan hias. Namun cara pemberiannya kurang memperhatikan kebersihan pakan justru membuat ikan sakit dan berujung pada kematian

  • Jika dilihat pada habitat aslinya cacing darah akan muncul dialiran sungai yang mengandung limbah berbahaya , demikian juga dengan jentik-jentik nyamuk yang menyukai tempat-tempat yang kotor seperti di selokan yang menjadi tempat pembuangan limbah yang berbahaya dan dari asalnya yang kotor tersebut akan terbawa penyakit oleh pakan utama cupang tersebut. Penyakit yang akan timbul adalah Perut ikan Akan kembung dan ikan hanya bertahan 3-4 hari jika tidak ditangani dengan cepat.
  • cara mengolah pakan cacing sutra atau cacing darah :
  1. Jika baru mendapatkan cacing darah atau pun cacing sutra, maka terlebih dulu dicuci dengan air yang disemprotkan ke arah cacing hingga kotorang yang menempel pada cacing pun bersih.
  2. Pemisahan penting dilakukan karena ada bagian caciang yang besar dan kecil memiliki kandungan zat beracun, cara menyaringnya dengan menggunakan saringan yang kecil dan akan didapat cacing yang kecil dan halus akan lolos dari saringan dan dapat langsung diberikan pada ikan sedangkan yang besar dan gemuk-gemuk dapat diberikan keesokan harinya karena kandungan zat berbahayanya masih banyak. 
  • cara mengolah pakan jentik nyamuk dan kutu air :
  1. Terlebih dulu kutu air dan jentik nyamuk dikarantina
  2. Dalam masa karantina, kutu air/jentik nyamuk masukan kedalam air yang sudah diberi larutan pencrgah kuman selama kurang lebih 2 jam.
  3. Setelah direndam dalam larutan, kutu air/jentik nyamuk dimasukkan kedalam air yang bersih selama 5-8 menit 
  4. Baru disajikan kepada ikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar